Anti Galau dan Tips Rajin Shalat (2)

anak kecil shalatTIPS SEDERHANA MEMBIASAKAN ANAK SHALAT

Suruhlah anak-anakmu shalat bila berumur tujuh tahun dan gunakan pukulan jika mereka sudah berumur sepuluh tahun dan pisahlah tempat tidur mereka (putera-puteri). (HR. Abu Dawud)

Kebetulan saya juga punya 6 anak. Yang paling besar sudah kelas VIII SMP dan yang paling kecil baru jalan 4 tahun alias belum sekolah. Berdasarkan pengalaman selama ini, memang anak-anak rada susah disuruh shalat. Hal ini tentu disebabkan mereka masih belum terbiasa. Menyuruh mereka terkadang memang susah-susah gampang.

Maka menurut saya cara paling mudah untuik membiasakan anak Shalat adalah dengan MENAGAJAK mereka, bukan MENYURUH.

Maksudnya, ketika saat waktu shalat tiba, kita bersiap untuk melaksanakannya dan mengajak anak-anak turut serta. Awalnya harus sabar melakukan ini, kikta juga harus berusaha tepat waktu dalam mengerjakan shalat.

Kalau sudah beberapa kali (sering diajak shalat) nanti anak anak akan terbiasa dan mereka tanpa disuruhpun akan mengerjakan sendiri. Bahkan tak jarang anak-anak shalat lebih dulu dari kita, atau malah membangunkan (mengingatkan) kita shalat subuh dan shalat lainnya.

Ya, memang setiap anak unik. Namun secara umum, kebanyakan metode ini cukup efeketif. Yakni intinya pada keteladanan. Awalnya kita MENGAJAK mereka untuk sama-sama shalat. Kalau sudah biasa insya Allah mereka mudah disuruh bahkan tanpa disuruh pun akan mengerjakan dengan sendirinya.

Sebagaimana yang saya sebutkan di atas bahwa intinya ada pada keteladanan. Oleh karena itu, meski pada usia yang belum diperintahkan kita untuk menyuruh mereka shalat, alangkah baiknya kita sering mencontohkan kepada mereka. Melihat kita shalat, anak akan terbiasa. Minimal dengan penglihatan inilah mereka akan ‘menikmati’ suasana ibadah shalat meski belum mengerjakannya.

Pengalaman saya, anak kalau sering melihat orang tuanya shalat, ia biasanya juga ingin meniru. walhasil meski belum cukup umurpun kadang mereka malah ‘maksa-maksa’ ikut shalat berjamaah. Ini awal yang bagus untuk menumbuhkan kebiasaan.

Namun terlepas dari segala ikhtiar di atas, baik dalam urusan mencari ketentraman jiwa maupun dalam membiasakan anak mengerjakan shalat, satu ikhtiar spiritual yang tidak boleh kita lupakan adalah BERDO’A. Ya, karena Allah lah yang membolak-balikkan hati manusia, maka kepada-Nyalah kita memohon. Kepada-Nya lah kita meminta atas segala hajat hidup kita.

Jika Allah Yang Menghendaki maka apapun masalah dalam hidup ini akan menjadi mudah lagi ringan.

Demikian sedikit tips dari saya bu. Mohon beribu maaf jika ada kalimat yang kurang pas. Maklum pengalaman dan ilmu saya juga sangat terbatas….  Yang benar adalah hidayah Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedangkan yang salah adalah karena kelalian dan kebodohan saya sebagai manusia…

Wallahu a’lam

22/12/2013

Abu Muhammad

( Kembali ke Bagian 1:  Anti Galau dan Tips Rajin Shalat  )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s