Memilih Sikap Terhadap Komentar ‘Salah’

FBmuslimDiantara hal yang berpungsi untuk menguji kesabaran kita adalah saat membaca komentar ngotot tapi nggak nyambung di status kita. Artinya, menurut pendapat saya kita tak boleh emosi ataupun benci. Harus banyak berlapang dada menghadapi hal itu. Alasannya:

1) Tingkat kecerdasan manusia berbeda-beda sehingga logika berpikir kita belum tentu nyambung dengan logika berpikir teman FB kita.

2) Boleh jadi ada kalimat kita sendiri yang menyebabkan kesalahfahaman pembaca sehingga ia salah mengomentari maksud kita.

3) Atau dia terpengaruh dengan “sisi lain” dari komentar orang lain yang sebelumnya juga mengomentari status kita.

4) Status kita terlalu panjang sementara sahabat FB kita tidak membaca seluruhnya sehingga mungkin hanya prolog di alenia awal yang belum sempurna maknanya yg dia tangkap. Maka komentarnya pun menjadi ‘lepas’ dari topik.

5) Sahabat FB tersebut sebenarnya bukan mengomentari status kita, ia ingin mengomentari status lain tapi tersalah kolom sehingga komentar malah masuk ke postingan kita.

6) Sahabat FB tersebut menggunakan gadget yg kurang ‘sempurna’ yang menyebabkan komentarnyab juga nyasar ke status kita.

7) Status kita yg disalahkomentari agak mirip dengan status yg pernah kita tulis sebelumnya sehingga ya jelas komentarnya juga jadi salah (tidak nyambung).

Nah, banyak kan alasan untuk mencartikan ‘permakluman’ terhadap komentar yang salah, tidak nyambung atau malah ngaco di status kita. Kalau masih bisa berprasangka baik, kenapa harus berprasangka buruk.

Begitu pendapat saya… Salam damai Indonesiaku…❤❤

(ABDILLAH SYAFEI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s